MENGGAMBAR TEKNIK (GAMTEK)

(Dari MODUL GAMTEK)

I. PENGERTIAN

Gambar adalah suatu metode yang digunakan seseorang untuk menyampaikan maksud gambar dalam proses komunikasi, penyampaian informasi agar tujuanya dapat sampai dengan benardan dipahami. Dalam dunia industri penyampaian seperti di atas dikenal dalam bahasa gambar teknik yang artinya cara atau metode penggambaran untuk menyampaikan informasi dalam proses produksi,kerja mesin,,kerja manusia sampai produk akhir.

Dalam hal bahasa, kita kenal adanya aturan-aturan berbahasa yang disebut tata bahasa.Maka dalam gambar teknik pun terdapat aturan-aturan menggambar yang disebut standard gambar. Dengan demikian standard gambar dapat pula disebut tata bahasa teknik,yang akan mengatur cara penyampaian keterangan-keterangan melalui gambar agar gambar dapat dijadikan sebagai alat untuk berkomunikasi sepertu halnya bahasa lisan atau tulisan.

Pentingnya menggambar bagi seorang teknik, dapat disamakan dengan pentingnya menulis bagi seorang pengarang. Dengan gambar seorang teknik dapat berkomunikasi dengan orang kain. Oleh karena itu gambar disebut juga “Bahasa Teknik”.


Penerusan informasi adalah fungsi yang panting untuk bahasa maupun gambar. Gambar bagaimanapun juga adalah “bahasa teknik, oleh karena itu diharapkan bahwa gambar harus meneruskan keterangan-keterangan secara tepat dan obyektif. Dalam hal bahasa, kalimat pendek dan ringkas harus mencakup keterangan dan pikiran demikian hanya dapat dimengerti oleh pembaca yang terdidik. Keterangan-keterangan dalam gambar, yang tidak dapat dinyatakan dalam bahasa, harus diberikan secukupnya sebagai lambang-lambang. Oleh karena berapa banyak dan berapa tinggi mutu keterangan yang dapat diberikan dalam gambar, tergantung dari bakat perancang gambar (design drafter). Sebagai juru gambar sangat penting untuk memberikan gambar yang tepat dengan mempertimbangkan pembacanya. Untuk pembaca, penting juga berapa banyak keterangan yang dapat dibacanya dengan teliti dari gambar.

  1. II. Tujuan Gambar

Peraturan-peraturan gambar dimulai dengan persetujuan bersama antara orang-orang bersangkutan, dan kemudiantelah menjadi bentuk standard perusahaan. Bersama dengan meluasnya dunia usaha, keperluan standar perdagangan dan standar nasional meningkat. Pada tahun-tahun belakangan ini, peningkatan pembagian kerja secara internasional, perkenalan dengan teknologi asing , telah mengharuskan internasional gambar.

Agar tujuan ini dapat dicapai, penunjukan-penunjukan dalam gambar harus sama secara internasional, maupun ketentuan-ketentuan dari pengertian cara-cara penunjukkanan dan lambing harus diseragamkan secara internasional. Lagi pula suatu bahasa tertentu tidak boleh dicantumkan pada gambar. Penggunaan lambang internasional diperlukan, dari pada catatan tertulis pada gambar.

  1. Perumusan Gambar

Hubungan yang erat antara bidang-bidang industri seperti permesinan, struktur ,perkapalan , perumahan atau arsitektur, dan teknik sipil, masing-masing dengan kemajuan masyarakat teknologinya, tidak memungkinkan menyelesaikan suatu proyek dari suatu bidang saja secara bebas, bahkan dari itu telah menjadi suatu keharusan untuk menyediakan keterangan-keterangan gambar yang dapat dimengerti , terlepas dari bidang-bidang di atas. Untuk tujuan ini masing-masing bidang akan mencobauntuk mempersatukan dan mengidentifikasi standar-standar gambar.

  1. Mempopulerkan Gambar

Dalam lingkungan teknologi tinggi, akibatdikenalnya teknologi, golongan yang harus membaca dan mempergunaqkan gambar meningkat jumlahnya. Oleh karena itu diperlukan untuk mempopulerkan gambar, dan gambar itu harus jelas dan mudah, peraturan-peraturandan standard an eksplisit sangat diperlukan.

 

  1. Sistematika Gambar

Mengingat gambar kerja saja, isi gambar menyajikan banyak perbedaan-perbedaan ,tidak hanya dalam penyajian bentuk dan gambar,tetapi tanda-tandatoleransi ukuran, toleransi bentuk dan keadaan permukaan juga.

Dilain pihak, bersamaan dengan sistematika teknologi, pentingnya gambar dengan lambang grafis telah meningkat, dan lambing-lambang ini diperlukan secara luas sebagai diagram blok atau aliran proses dalam berbagai bidang industri. Di bawah keadaan-keadaan demikian , jangkauan yang berkembang dan isi gambar sangat memperkuat susunan dan konsolidasi system standar gambar.

  1. Penyederhanaan Gambar

Penghematan tenaga kerja dalam menggambar adalah penting, tidak hanya untuk mempersingkat waktu, tetapi juga untuk meningkatkan mutu rencana. Oleh karena itu penyerdehanaan gambar menjadi masalah penting untuk menghemat tenaga menggambar.

e. Modernisasi Gambar

Bersamaan dengan kemajuan teknologi,standar gambar juga telah dipaksa mengikutinya. Dapat disebutkan di sini cara-cara baru (modern) yang telah dikembangkan seperti misalnya pembuatan film mikro , berbagai macam mesin gambar otomatis dengan bantuan komputer, perencanaan dengan bantuan komputer(CAD-Computer Aitled Design) dsb.

 

 

 

 

  1. III. Alat-alat Gambar

 

Untuk memperoleh hasil gambar yang baik, diperlukan alat-alat gambar yang memadai. Di samping itu alat-alat gambar tersebut harus dipergunakan secara tepat sesuai dengan fungsinya masing-masing.

Alat-alat gambar manual yang biasa digunakan dalam gambar teknik mesin yaitu:

  1. Papan meja gambar
  2. Kertas gambar
  3. Penggaris-T
  4. Penggaris segitiga
  5. Kotak jangka
  6. Pensil mekanik
  7. Rapido
  8. Penghapus
  9. Mal huruf dan mal lingkaran
  10. Dan lain-lain.

Demikianlah landasan teori gambar teknik, mudah-mudahan dengan adanya landasan teori tersebut dapat mempermudah dalam penggambaran teknik dan dapat memahami pentingnya dari gambar teknik tersebut.

One Response to MENGGAMBAR TEKNIK (GAMTEK)

  1. alat teknik says:

    Hi to every body, it’s my first pay a visit of this webpage; this blog carries amazing and really excellent material for readers.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: