PROSES YANG BENAR AKAN MENGHASILKAN HASIL YANG BENAR

“Process flow” berarti mengurangi, hingga menjadi nol, waktu yang terbuang di mana proyek kerja tidak berjalan, menunggu seseorang untuk mengerjakannya. Merancang ulang proses yang mengalir pada umumnya akan menghasilkan produk atau proyek yang diselesaikan dalam waktu sepersepuluh dari waktu sebelumnya.

Proses yang mengalir adalah bagian yang paling nyata dalam Toyota Production System, dan juga tampak nyata dalam budaya organisasi di seluruh Toyota, yang berfokua pada proses mengalir yang memberi nilai tambah sebagai suatu alternatif terhadap pendekatan berhenti dan berjalan yang normal untuk mengerjakan proyek sedikit demi sedikit.
Namun alasan untuk menciptakan proses yang mengalir bukan hanya agar material dan informasi bergerak dengan cepat. Proses yang mengalir mengaitkan proses dan human sedemikian rupa sehingga masalah segera muncul ke permukaan. Proses mengalir merupakan kunci dari proses perbaikan berkesinambungan (continuous improvement) yang sebenarnya dan proses untuk mengembangkan karyawan.

sumber : The Toyota Way Fieldbook (L. Jeffrey, M. David, 2006)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: