STMI, D4 dan Mencari Pekerjaan.

Barusan ada follower (@derryanwar) di twitter yang bertanya:
kalau Lulusan STMI prospeknya utk cari kerja gmna? trus lulusan D4 lanjutnya kemana?

Sebelum menjawab pertanyaan di atas,ada baiknya kita bertanya pada diri sendiri beberapa pertanyaan berikut:
1. Apa tujuan kita kuliah? paksaan ortu,pilihan pribadi,ikut2an atau apa?
-dulu sih saya masuk STMI krn pilihan pribadi memutuskan utk harus kuliah,dan STMI adalah pilihan kedua setelah gagal di SMPB,waktu itu ambil di UNBRAW dan UNLAM-
2. Minat kita ada dimana?
Eksakta,social,hukum,psikologi,atau apa?
-Dari kecil saya sangat tertarik dengan Arsitektur,saya suka menggambar design rumah dan membuat maquete,jadi waktu kuliah saya ambil yg ada hubungannya dengan Planing-Design-Application,setelah td gagal dari Univ Negeri ya saya pilih Teknik Industri (rencanannya mau design n bangun pabrik,hehe)

3. Setelah kuliah mau jadi apa?
Karyawan swasta,PNS,Terusin usaha keluarga,atau apa?
-Saya sih mau jadi karyawan trus buka usaha sendiri,walaupun setelah lulus malah mau lanjut S2(nnt kita bahas soal S2 :D)-

4. setelah pertanyaan di atas msh ada pertanyaan2 lain,seperti:
Siapa saya sekarang?
Umur saya berapa saat ini dan akan lulus di umur berapa?
Ketika saya lulus dgn umur segini akan dapet kerja dimana?
Bagaimana keadaan keluarga saya sekarang,saat dan setelah kuliah?
biaya kuliah saya sepenuhnya darimana?
bagaimana jika saya lulus terlambat?
setelah lulus sya dpt gelar apa?
apakah saya akan kuliah sambil bekerja atau hanya kuliah saja?
dan lain lain..

Nah,mari fokus membahas STMI dan D4.

STMI,kalau mau tau gambaran umumnya bisa lihat di website STMI, menurut saya apa yang tertulis di website itu ga terlalu jauh beda dengan kenyataannya. Misal ttg Fasilitas, Tenaga pengajar, Kegiatan mahasiswa, dan visi misi.
Overall STMI adalah kampus yg cukup dinamis ditengah kota Jakarta.
Ohya satu hal penting yg saya hampir lupa,ttg embel-embel KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN, to be honest jgn berharap banyak dgn embel2 itu🙂

Kalau lulusan STMI bagus ga cari kerja?
setelah saya kerja sekitar 1tahun lebih, Perusahaan akan lebih melihat performa kita menggunakan ilmu yang kita pelajari DARIPADA nama kampus dan blanko Ijazah kita.
In fact,saya melamar kerja dengan Transkrip Nilai,dpt kerjaan sebelum lulus, dan Baru dpt ijazah setelah kerja 6 bln, yang membuat saya bisa diterima mungkin pengetahuan dan keyakinan saya waktu menjawab pertanyaan saat interview ditambah kepercayaan diri utk bicara bahasa asing.
So I suggest utk menyerap semua ilmu yg ada di kampus sambil membayangkan aplikasinya di dunia nyata.

Ilmu yang kita pelajari hanya jadi pelajaran,tapi ilmu yang kita aplikasikan akan jadi pengalaman

Lulusan D4 lanjut kemana?
Ini pertanyaan yg paling sering dibahas teman2 seangkatan,dan dosen kampus ga akan banyak memberi jawaban (krn mungkin mereka bukan D4 dan sudah lupa rasanya mencari2 pekerjaan,hehe)
Anyway D4 itu setara dengan S1,cuma bedanya D4 itu akan lebih banyak praktek daripada teori,jadi SKS praktikum akan lebih banyak drpd SKS teori.
karena D4 setara S1 jd ga masalah mau lanjut S2 di kampus swasta,TAPI saya pernah dengar kalau D4 mau lanjut Magister Teknik di UI dan ITB harus mengikuti kelas 6SKS di kampus negeri itu baru deh bisa daftar S2 (kalau ada pembaca blog ini yg lebih tau ttg hal ini tolong di share ya,hehe).

In summary, this is just my thought about STMI,Job seeking and Diploma IV.
Pilihannya kembali lagi ke masing2 calon mahasiswa🙂

Salam industria,
Jesse

>

58 Responses to STMI, D4 dan Mencari Pekerjaan.

  1. kak saya mau tanya, D4 itu kan setara S1 nah tapi saat lulus nanti ga punya gelar kayak kita kuliah langsung S1 trus kalau mau mencapai gelarnya itu gimana ? kalau abis dari stmi mau lanjut kuliah ke universitas langsung ke S2nya atau S1 dulu ? makasih kak

  2. Kakak sekarang kerja dimana?gajinya berapa?bocoran donv buat motivasi

  3. Muhshin Efendi says:

    Kak mau tanya, tiap prodi di stmi itu yang di bahas apa ya dan bakal jadi apa kalau lulus? Cz aku masih bingung kalau milih prodinya.

    • jessepaath says:

      Di STMI ada 3 Prodi,
      Teknik Manajemen Industi (TMI)
      Kalau kamu suka sama ilmu eksak yang cukup banyak itung2annya, bisa pilih TMI.

      Manajemen Bisnis Industri (MBI)
      MBI lebih banyak belajar tentang manajemen bisnis secara umum. Kalau km lebih suka ekonomi, social dan manajemen bisa pilih MBI.

      Sistem Informasi Industri (SII)
      Kalau SII udah jelas lah ya🙂 udah pasti hal2 yang menyangkut software.

      Jadi tinggal pilih aja..

  4. Karlina says:

    Kak , bedanya manajemen bisnis industri sama teknik manajemen industri apa? trus kalo lulus dr jurusan itu bisa ngelamar kerjaan di posisi bagian apa?
    STMI kelas krywan nya ada sabtu minggu ngga? Tengkyu yah kak sebelumnya🙂

    • jessepaath says:

      Menurut saya, bedanya TMI dan MBI ada di proses belajar dan materi yang di sampaikan. MBI lebih banyak studi kasus tentang bisnis, melihat dari perspektif ekonomi, sedangkan TMI sama-sama melihat bisnis tapi porsi operational lebih banyak ketimbang ekonomi.

      Kalau lulus dari TMI atau MBI pasti bisa masuk industry mana aja dan di department mana saja, karena selama belajar kita mencakup hampir seluruh business unit di perusahaan secara umumnya.

      STMI adanya kelas malam, tp hari biasa (senin-sabtu)
      Saya bisa kok lulus dari kelas malam🙂

  5. Jon says:

    klo tes masuknya gimana tuh ka? susah ato gmn? apa aja yng harus di persiapkan? makasih ka😀

    • jessepaath says:

      Susah enggaknya relative🙂
      Seinget saya sih dulu yg di test itu Matematika, English, Bahasa Indonesia (mirip UAN).

      Matematika nya standart (kalau kalian anak IPA pasti gampang, hhehehe), English nya juga standart, bahasa indonesianya jg standart.

      Test masuknya objective, jadi kalau nilainya kecil ada kemungkinan ga di terima.

      anyway, itu dulu, sekitar 7 tahun yg lalu, mungkin sekarang sudah berubah untuk bisa menjawab tantangan dunia industry saat ini.

  6. oky says:

    Ka gue mau tanya dengan title D4 apa setelah kita lulus langsung dapet kerja secara awam? And kira” gajinya apa sama seperti UMR/lebih/malah rendah? Secara umum yah, bukan karna keberuntungan kk sndiri,

    • jessepaath says:

      Hi oky.. Iya bisa langsung dpt kerja secara awam.. Masalah gaji itu sbenernya sensitive sih, tp gini coba ak ksh tips sedikit ya..
      Kalau ada yg nawarin kerjaan dgn gaji dibwh UMR, TOLAK!!! (you are own of your life, capek2 belajar masa gak dihargain, Jangan takut, cari lg kerjaan lain)

      Kalau ada yg nawarin kerjaan dgn gaji sedikit di atas UMR, AMBIL.. (life is unpredictable, intinya klo baru lulus tuh cari pngalaman dulu, asal gaji cukup dan suka sama kerjaannya ya jalanin dulu, setahun kek, nanti klau pindah lumayan punya pengalaman..
      Mudah-mudahan bisa ngejawab yaa

  7. _awank_ says:

    kasih dua jempol buat Agan Jessepaath, mau memberikan pencerahan buat teman-teman yang belum mengenal Diploma IV. Padahal mungkin sebagian orang akrab dengan gelar Mantan Presiden RI Bapak B.J. Habibie, Dip. Ing namun tidak tahu bahwa Dip. Ing adalah Diploma Enginering alias Diploma-IV’nya Jerman Sana. Bagi Adik-adik yang bingung dengan pekerjaan dan karir setelah lulus D-IV, Itu mah tergantung Rezekinya masing-masing. Misalnya ane sendiri bisa masuk Kementerian Perindustrian, bahkan yang lebih edan lagi temen ane yang terjun di dunia usaha bisa punya perusahaan sendiri dan sekarang sedang bermitra dengan PT. Sosro, Ada juga senior ane yang pernah menjabat salah satu Deputi di Kementerian BUMN (Parikesit Suprapto). Jadi yang namanya pekerjaan dan karir merupakan rezeki kita masing-masing tentunya setelah kita kerja keras dan berdoa. Demikian, Semoga bermanfaat. Buat agan Jesse salam kenal…….

  8. fitri says:

    ka mau nanya kalo lulusan MBI STMI gelarnya apa ya

  9. aan says:

    ka kalo cari info pendaftaran STMI dimana,susah soalnya buka webnyan
    teriakasih:))

  10. assalamualaikum kak, saya udah keterima STMI jurusan sistem informasi, kira kira akan bnyak lowongan untuk jurusan itu atau tidak ya kak? apakah ada teman angkatan kka yang jurusan SI dan sudah bekerja? terima kasih kak, wassalamualaikum

    • jessepaath says:

      Waalaikumsalam bro..
      Sistem Informasi di STMI agak lebih menjurus ke Industri, kedepan industri2 akan butuh sangaat banyak org yg ngerti IT..
      sebagai contoh aja,mungkin 10tahun yg lalu kalau ada pengusaha mau buka workshop/usaha ga perlu komunikasi by email, tp skrang semua done by email, otomatis perlu ada server,jaringan, infrastructure, dll dan siapa yg akan kerjain itu semua? Yap, Sistem Informasi Industri🙂
      Jadi kerjaan kedepannya pasti banyaak

      Temen sya ada yg lulusan SII dan saat ini kerjanya lumayan bagus semua..

      Semoga menjawab yaa,

  11. Akhsan says:

    assalamu’allaikum
    ka, saya mau daftar di STMI jurusan SII, soal tahun ini susah ngga kira2 ? trus di STMI SII ada kuota ngga ? kalo ada kuotanya berapa dan kira2 peminat (pendaftarnya) banyak ngga ?
    mohon jawabannya
    makasih

  12. rawdina says:

    Makasih!

  13. Apa benar setelah lulusan stmi bisa jd cpns? penempatan dari kampus atau tidak?

    • wki26 says:

      untuk penyaluran langsung ke kementrian dari kampus tidak ada.. soalnya kampus ini belum ada ikatan dinasnya, yg mana jika lulus dari kampus akan ditarik menjadi pns kementrian. jadi jika ingin masuk kementrian perindustrian harus mengikuti tes cpns tersebut.

      fyi, kampus ini hanya dinaungi oleh kemntrian perindustrian belum ada ikatan dinas nya. hehe

  14. chomichin says:

    apa kelebihannya kuliah di STMI dibanding perguruan tinggi swasta atau pun negeri ?
    dari sisi biaya sudah jelas. tetapi apa dari segi prospek juga lebih besar ? atau sama saja ? mohon jawabannya😀

    • jessepaath says:

      Menurut saya, Kelebihan dari kuliah di STMI itu yg pertama biaya, kedua pengalaman dosen, utk kelas malam ada banyak dosen yaang juga praktisi..
      Sya pernah di ajar oleh manager di perusahaan oil n gas, dirut dari perusahaan lokal, enterpreanuer.. Semuanya bukan kuliah umum yg cuma 2-3jam, tp mereka mengajar selama 1 semester penuh.. Dan itu sangat bermanfaat utk menambah pengetahuan..
      Sangat kaya ilmu jika dosen tidak hanya memgajarkan teori tp juga mampu menceritakan pengalamannya mengaplikasikan teori tersebut.

      Kelebihan lainnya adalah lokasi🙂 semester pertama saya selalu naik busway dan cukup nyaman juga kalau di jangkau pakai motor/mobil..

      Kalau ditanya soal bagaimana peluang dpt kerja, dan gimana benefit yg di dapat setelah kerja? Kembali lg ke comment sya sbelumnya, kedua hal itu tergantung dari kegigihan dan keinginan temen2 semua.. Kalau mau dpt kerja di perusahaan multinasional ya monggo di tingkatkan percaya dirinya.. Kalau mau dpt benefit bagus ya monggo kerja yg rajin+smart..🙂

      Goodluck..

      • lukman says:

        kak mau tanya ni , saya ada minat mau masuk SII di stmi ..pmbukaan pndftaran dbuka kapan ya? terus misalnya klo udah lulus gelarnya apa ?
        makasihh ..

  15. syfa says:

    Ka mau tanya tesnya itu matematika dasar atau matematika ipa ?

  16. Bundnur says:

    Mau tau biaya2 kuliahnya/smtr brp? Biaya2 apa aja yg ada disana? Buku2 gmn?

  17. kak ini ada dosen temen saya bilang ktanya lulusan D4 di STMI itu gk dpet ijazah, jdinya ak ragukan jdi mikir2 sendiri, kok bisa skolah gk dpet ijazah trus dapet nya apa?(gak habis fikir gra2 denger temen ak bilang gitu) trus tau web ini jdi besar harapan saya ingin tau jawabanya, dan alhamdullilah saya udah lo2s kemarin ikut test tulisnya yg gel I kmarin.

    • jessepaath says:

      Hi Imma, saya dapet Ijazahnya kok, bahkan sampai bisa saya pakai buat lanjut kuliah S2, hehehhe.. dosennya temen kamu itu ngajar di STMI gak? Coba di check dulu aja..

  18. kakak lulusan tahun berapa dri STMI? ooooh brati itu gk bner ya pa yg di ktakan tmen ak hehehe

  19. Anonymous says:

    assalamualaikum wr,wb saya sekarang kelas 3 di jurusan ips , saya ingin masuk manajemen bisnis industri, peluang kerjanya luas engga ,kak ? terima kasih

    • jessepaath says:

      Waalaikumsalam wr wb, peluang kerja terbuka luas bro..
      Tp km jg harus mengasah kemampuan diluar program studi, pasti peluang kerjanya akan lebih luas.. semangaat yaa

  20. ayun says:

    Kak, soal tes nya itu mirip soal UN atau soal SBM?

  21. Rickkie Bagus says:

    Kak maaf saya mau nanya, saya kan lulus stmi jurusan teknik industri otomotif nah peluang kerjanya itu luas atau tidak kak? Bisa berikan saranpekerjaan yang cocok untuk jurusan itu? Makasih kak .

    • Nugi Dwi Sutansyah says:

      Kak kalau misalkan saya lulusan DIV teknik industri otomotif, lalu ada lowongan kerja untuk lulusan S1 Teknik Industri .. nah apakah saya bisa ikut melamar dan bersaing dalam lowongan kerja tsb ?
      Terimakasih🙂

      • jessepaath says:

        Hello Nugi Dwi,
        Bisa saja asalkan requirement yang dibutuhkan perusahaan tersebut sesuai dengan kemampuan kamu. Sebelum melamar kamu bisa lihat dulu apa saja requirement atas posisi Teknik Industri tersebut. Jika memang sesuai, maka kamu harus percaya diri untuk bersaing. Semangaaat!!

    • jessepaath says:

      Hello Rickkie, Peluang kerja tidak selalu berhubungan dengan jurusan yang kamu pelajari. Bisa juga sesuai passion kamu saat ini.
      Saran pekerjaan yang cocok untuk jurusan Teknik Industri Otomotif bisa bekerja di perusahaan otomotif ATPM, atau bisa juga di perusahaan penunjang industri otomotif.
      Good Luck bro!!

  22. ifnaseptiana says:

    Kak aku lulusan smk akuntansi, tes masuk stmi itu matematika sama bahasa inggris nya materi SMA atau sama seperti soal SBMPTN? mohon dijawab. Terimakasih

  23. Dian says:

    Mas, klau STMI dsambil krja di Astra/prusahaan lainnya bsa nggk?

    • Rickkie Tri Bagus says:

      Maaf saya bantu jawab ya, kalau untuk yang Tahun 2015-Sekarang itu Tidak Bisa, karena untuk jadwalnya sendiri itu sudah penuh.

  24. irvannfl says:

    Mas, kira kira setelah lulus itu kita di recomendasiin oleh pihak kampus tidak ya untuk mencari pekerjaan ? Atau setelah lulus kita seperti univ.lain yg non pemerintahan

    • jessepaath says:

      Hello Mas Irvan,
      Terakhir kali saya disana tidak ada rekomendasi dari kampus untuk mencari pekerjaan. Tapi ti mading kampus selalu tersedia poster lowongan pekerjaan dari perusahaan2 swasta, di kampus juga ada bursa kerja.

  25. mas , mau tanya nih di stmi itu kan gelaran yang didapat setlah lulus adalah d4 atau setara s1..
    nah untuk di stmi yang sekarang , ada ga sih dari pihak kampus , memberikan sebuah surat atau keterangan yang menyatakan hal trsbt untuk lulusannya… yang mnkin bisa kita lampirkan saat kita ingin mencari pekerjaan . dan untuk status nya yg sekarang sudah menjadi negeri apa ada perbedaan dengan stmi yg sebelum ??

    • Rickkie Tri Bagus says:

      Maaf saya bantu jawab ya. Gini, untuk urusan surat yang berkaitan gelar untuk kerja itu bisa minta di bagian Umum dan disana bisa didapatkan surat pernyataan itu . untuk perbedaan yang sebelumnya atau sekarang itu hanya beda di Politeknik dan tidaknya . yang sekarang yaitu Politeknik STMI yang memang dari dulu kampus ini sudah Negeri bahkan kampus ini dinaungi oleh Kementerian Perindustrian RI .

  26. Siti Nurhaini says:

    Mas, saya mau tanya dong, misalkan sekarang saya udah diterima di stmi jurusan sistem informasi, nah saya mau pindah ke jurusan teknik industri. Itu caranya gimana mas?

  27. erlina says:

    Kak, aku mau tanya kalo daftar disana ada jalur rapot aja gak yg langsung diterima ? Soalnya aku lihat di blog lain kakak yg punya blog itu diterima pakai rapot katanya sih ranking 10 besar terus

    • erlina says:

      Kak bales donk

      • jessepaath says:

        Hi Erlina, Maaf baru bisa bales.. Seingat saya di tahun 2007 itu bisa pakai jalur raport.. saya kurang tahu lagi peraturan yang seakarang seperti apa..

      • Rickkie Tri Bagus says:

        Maaf bantu jawab ya, untuk sekarang yang kapus sudah jadi Poltek tidak bisa lagi pakai jalur Raport berdasarkan peraturan Direktur yang baru . Semoga membantu🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: