Just In Time (JIT)

Just In Time Process

Just In Time Process

Teori konsep Just In Time (JIT) ditemukan oleh seorang berkebangsaan jepang bernama Taiichi Ohno dari perusahaan Toyota. Perhitungan serta kerja sama yang baik antara penyalur, pemasok dan bagian produksi haruslah baik. Keterlambatan akibat salah perhitungan atau kejadian lainnya dapat menghambat proses produksi sehingga dapat menimbulkan kerugian bagi perusahaan.Konsep just in time adalah suatu konsep di mana bahan baku yang digunakan untuk aktifitas produksi didatangkan dari pemasok/supplier tepat pada waktu bahan itu dibutuhkan oleh proses produksi, sehingga akan sangat menghemat bahkan meniadakan biaya persediaan barang/penyimpanan barang/stocking cost.

JIT system juga kadang disebut Kanban. Kanban adalah bendera atau potongan kertas yang berisi informasi yang jelas untuk pemesanan material kebutuhan produksi. Bendera atau potongan kertas tersebut disebut kanban card, di sirkulasikan sistematis untuk mulai mengambil bahan mentah untuk keperluan produksi.

Penerapan konsep JIT berdampak pada organisasi dengan menaikan tingkat layanan  dengan biaya rendah dengan demikian memperbaiki keuntungan.

Just In Time (JIT) adalah konsep pengendalian bahan baku yang digunakan untuk produksi dengan cara mengurangi waktu tunggu (idle), dengan kata lain bahan baku akan tiba pada saat dibutuhkan. Terdapat resiko dalam menjalankan konsep JIT, perusahaan harus mampu bekerjasama dengan pemasok. Keuntungan dari konsep ini adalah dari sisi supply chain maka tidak diperluakan ruang simpan (warehouse) yang besar, dari sisi finance maka tidak ada inventory berlebih yang harus diakui sebagai asset perusahaan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: