Second phase

Akhirnya, adalah kata pertama yang tepat untuk posting ini. Karena akhir selalu berawal, berawal dari pertanyaan yang terbesit saat sudah kerja di tahun pertama. Pulang kerja begini-gini aja? Yakin ga mau cari kegiatan? Spertinya pertanyaan itu muncul krn secara biologis tubuh saya terbiasa sibuk sampai malam, waktu kuliah S1, sya ikut kelas malam dan bekerja dari pagi sampai sore. Nah bermula darisitu muncul beberapa ide untuk mengisi waktu, pertama cari tongkrongan, kedua nge-gym, ketiga mulai hobi bikin maket lg, keempat kuliah lagi.. Setiap opsi punya pros cons masing2, cari tongkrongan, bisa sih nongkrong, tp anak2 yg lain kan waktunya ga bisa selalu sama, punya jadwal masing2.. Nge-gym, pengen bakar lemak supaya body stabil, tapi biayanya lumayan, dan lagi saya gak suka olahraga indoor, ga ada udara segernya.. Bikin maket, hoby ini memang udah lama mangkrek, semenjak alat2nya (cutter,gunting,pencil,lem,kertas,carton) hilang dimainin keponakan, kalau mau mulai lg bisa sih, cuman resikonya bakalan di recokin lg sama keponakan.. Kuliah lg, opsinya susah ditolak, krn pertama dpt ilmu baru lg, kedua bisa dpt gelar lg, sya pilih opsi ini.. Mulailah cari2 info tentang S2, fyi di dunia kerja S2 itu udah cukup lumrah, mayoritas mereka bergelar MM atau MBA.. sya pikir buat apa masuk ke lautan yang sama (blue ocean strategy) sya harus tampil beda… terpikir untuk memperdalam wawasan tentang Supply Chain, dan yang kemungkinan membahas tentang supply chain ya magister teknik industri.. ya, saya pilih Magister Teknik Industri.. Lanjut lagi sourcing kampus2nya, mulai dari universitas negeri, swasta dan yg setengah negeri stengah swasta.. kurikulum di universitas negeri memang sangat menarik, tp biayanya pun luar biasa mahal (mahal relatif ya, tp menurut saya itu lumayan mahaal, bisa untuk DP rumah atau DP mobil) jika dibandingkan dengam beberapa kampus swasta.. btw di sini saya ga mau sebutin beberapa kampus itu, yang pasti saya pilin Trisakti, yes Universitas Trisakti-Kampus Reformasi.. Fasilitas kampusnya okelah, dosen2nya pernah jd praktisi, berpengalaman dan open minded, saya sukaa sekali ketika para doktor dan profesor itu mengajar, saya sepertj terpana mengikuti alur pemikiran mereka, yang menjelaskan lebih dalam mengenai mata kuliah saya di S1, tapi dengan bahasa yang ringan dan renyah untuk di ingat.. Setelah 2 semester berlalu, tibalah saya pada semester ketiga untuk mengerjakam tesis.. buat yang belum tau perbedaan skripsi, tesis dan disertasi, berikut saya coba sharing sedikit.. Skripsi: pemecahan masalah menggunakan metode atau model yang kita pelajari selama kuliah, lebih tepatnya penerapan, sehingga satu model/metode saja sudah cukup untuk menyelesaikan skripsi Tesis: atau kata dosem saya berasal dari kata synthesis, yaitu penggabungan, ya penggabungan beberapa metode untuk menyelesaikan masalah, jika hanya menggunakan satu metode maka akan sama dengan skripsi.selain pengertian di atas, tesis juga berarti membentuk sebuah model yang sesuai untuk pemecahan masalah, model tersebut tidak harus menggunakan model yang baru, namun bisa menggunakan atau melanjutkan penelitian terdahulu yang diperoleh dari studi pustaka. Disertasi: nah kalau ada yang tanya “mana pembaharuan di tesis kamu” jawab aja kalau mau bikin sesuatu yang baru, itu namanya disertasi, hhehhe.. Itulah sependek pengetahuan saya mngenai ketiga istilah ajaib skripsi, tesis dan disertasi.. Kembali kepada penelitia tesis saya yang selesai dalam waktu kurang dari 3 bulan, tentunya jd sebuah kebanggan krn itu berdampak pada lamanya wakth studi.. saya berhasil menyelesaikan studi magister teknik industri hanya dalam waktu 3 semester, senangnyaa, hhahaha Akhirnya keilmuan yg saya pelajari, penelitian yang saya lakukan, semuanya sebanding dengan gelar baru di belakang nama saya,hhahha.. Ngomong2 soal gelar, kampus dan mencari pekerjaan setelah lulus S2, hmmm akan saya bahas di posting selanjutnya🙂

Leave a Reply

